Lebengjumuk Blogspot

Laman

Senin, 25 Februari 2013

Marawis PPM Al-Ihya Cigugur

      Marawis merupakan kesenian Islam yang sudah lama populer. Alat yang digunakan dalam kesenian marawis ini merupakan alat pukul dan beberapa alat bantu lainnya. Dalam istilah marawis alat-alat tersebut dikenal dengan nama marawis, tumbuk, dan tamborin. Marawis merupakan alat pukul berukuran kecil, biasanya satu tim marawis memiliki minimal 6 buah. Tumbuk merupakan alat pukul untuk melengkapi suara marawis. Adapun tamborin merupakan alat tambahan yang bisa menghasilkan suara kecrek.
   Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Ihya Cigugur merupakan salah satu pesantren yang mengembangkan kesenian marawis ini. Kesenian marawis di Pesantren Al-Ihya dimulai pada tahun 2011. Inisiator sekaligus pembimbing marawis di Pesantren Al-Ihya ini yaitu Ust. Uci Sanusi, S.Fil.I. Sebelumnya Ust. Uci ini telah terjun di dunia kesenian marawis sejak 2009 dan telah berpengalaman di berbagai even baik resmi ataupun undangan di acara-acara masyarakat. Sebelum terjun ke dunia marawis Ust. Uci ini aktif di kesenian Qosidah Modern dan telah berhasil tampil di berbagai even qosidah.
      Sejak dibentuknya tim marawis PPM Al-Ihya hingga sekarang sudah berhasil menorehkan berbagai prestasi berupa penampilan baik dalam acara resmi ataupun acara yang bersifat panggilan/kegiatan masyarakat. Menurut Ust. Uci Sanusi saat ditemui tim redaksi di sela-sela kesibukannya, mengatakan bahwa "Saya melihat potensi besar dimiliki oleh santri Al-Ihya ini, namun belum ada yang mampu mengarahkannnya. Oleh sebab itu saya berharap bisa mengembangkan lebih jauh lagi potensi besar tesebut terutama di kesenian marawis". Selain itu, Ust. Uci menambahkan bahwa perlu adanya dukungan dari berbagai pihak demi suksesnya tim marawis Al-Ihya ini dan tidak lupa bagi para pembaca yang ingin mengundang tim marawis Al-Ihya untuk berbagai acara silakan hubungi admin web kami. (Ag/red)  

0 komentar: